Fortis Central Forum
December 10, 2019, 03:25:12 PM *
Welcome, Guest. Please login or register.

Login with username, password and session length
News: Brotherhood above all circumtances  -  Fortis Central is Unity
 
  Home Help Search Login Register  
  Show Posts
Pages: [1] 2
1  Knowledge Shares / Business and System Analysing / Re: Memilih WEB Based App atau DESKTOP Based App pada sistem berskala besar. on: June 21, 2010, 09:06:47 AM
Waduh kata-katanya sudah mulai berat Grin  dewo orang dua ini..

Kedepannya web memang sangat prospek, apalagi yg bersifat open source.
Untuk melakukan migrasi dari desktop ke web emang agak beda cara berpikirnya, hanya cara coding saja yg banyak terasa, misalnya penggunaan event pada VB selama ini diganti dengan java script jika menggunakan PHP. Security juga harus di lebih diperhatikan karena web lebih rentan karena banyak orang yg bisa mengaksesnya.

Rata-rata develop aplikasi berbasis web lebih lama dibandingkan dengan desktop, tapi untuk kedepannya lebih memudahkan maintenance apabila ada perubahan tidak perlu harus datang ke tempat client (walaupun juga bisa diremote misalnya dengan teamViewer atau aplikasi remote yg lain)
Untuk komponen-komponen webnya sudah banyak, beberapa adalah extJS, mootools, jquery jadi memudahkan kita pada saat melakukan coding seperti pada saat kita menggunakan component atau activeX pada VB .net.

Jika masih blum ingin meninggalkan dunia VB. Net beralih ke asp .net dulu yang ga terlalu jauh beda, karena migrasi dari vb. net ke php atau javascript(v8cgi) yg untuk server side butuh waktu untuk belajar atau lebih tepatnya untuk terbiasa.
Rata-rata client ga peduli kita mau pake bahasa apa (php, asp.net, jsp) yang penting programnya jalan dan menghasilkan uang, hehehe..
 Grin Grin Grin
2  Introduction / New Member Entrance / Re: Pinterpijit mau menyapa dulu :p on: June 05, 2009, 03:58:16 PM
wah top bgt buat bang pinterpijit, puede habis..
gpp narsis perlu koq daripada minderan (kayak sy ini T_T)
T.O.P deh  Grin
3  Introduction / New Member Entrance / Re: Salam Kenal on: June 05, 2009, 03:52:44 PM
Koq rasanya pernah liat ya mas Rio ini, mgkin pernah ketemu di kmpus ya...
ok, perjuangkan cita2 Anda bro   Cheesy
moga sukses slalu...
4  Introduction / New Member Entrance / Re: Never late to learn.. on: June 05, 2009, 03:49:28 PM

wokeh wes, pokoke donlodan naruto ama bleach ntar aku kopikan deh, tenang aja...  Cool Cool
ini sudah donlod sampe bleach 222 dan shipudden 112, huehehehe..
uruk'i donlod maksud'e ta?

semangat bro, makan sing banyak  Grin Grin Grin peace..
5  Introduction / New Member Entrance / Re: My Intro on: June 05, 2009, 03:47:03 PM

wehhhh, baru tau aku ada bang tegarr...
hello mas  Grin Grin Grin
6  Introduction / New Member Entrance / Re: no noobs, pro only, buruan masuk GPL on: June 05, 2009, 03:45:40 PM
wehehe.. dotters mania rex
7  Knowledge Shares / PHP / Re: PHP Framework on: May 29, 2009, 02:00:35 PM

iya boleh ntar saya share2 juga apa yg saya tahu, tpi maap kalo misal tidak bisa cepat karena ada ksibukan saya saat ini  Wink
tapi saya akan tetap brusaha menjawab pertanyaan yang ada..

saya jg masih blajar untuk CI ini blum master  Sad maap2, jadi kita sama2 balajar, ok2 (^_^)d
mgkin Calestial punya pengalaman dalam menggunkan CI ini, jadi bisa dikit sharing2 gitu..

8  Introduction / New Member Entrance / Re: Never late to learn.. on: May 27, 2009, 04:56:12 PM

@Owen : ah bapak owen yang satu ini terlalu berlebihan koq  Cheesy saya juga masih cupu T_T
setiap orang deiberikan talenta masing2 seperti bapak Owen ini cukup cekatan dalam mengkoordinasi dan tegas terhadap teman2nya yang berada dalam Fortis Central, sep dah... never late to learn  Grin

@ Roro : iya tenyku sanget Ro, huehehe...
9  Knowledge Shares / PHP / Re: PHP Framework on: May 27, 2009, 04:46:06 PM
Ada apa ini koq rame saudara2 sebangsa dan setanah air, (yg lain: dasaar lebaaiii) hehehe  Grin Grin iya maafkan saya yg lebai...

yup2 semua selalu ada kekurangan dan kelebihannya sama seperti manusia, kalo bisa digunakan/ditempatkan dengan tepat pasti hasilnya akan lebih optimal  Wink sep deh..

Framework di PHP yang mmbuat saya tertarik emang adalah ci (dasar alasan yg laen lho belom dicoba  Grin Grin) iya maap2..
ok, saya tidak akan mmbahas dalam bahasa2 dewa, karena saya jg bukan dewa program T_T

CI atau codeigniter memiliki konsep awal seperti halnya OOP (Object Oriented Programming) seperti umumnya penggunaan class, inheritence (penurunan class) dan  function. (PHP5 sudah mendukung OOP secara penuh, oleh karena itu PHP5 cocok menggunakan framework)  Cheesy
 
konsep yang seperti ini dibawa menjadi konsep berikutnya yang diterapkan yaitu MVC, yaitu 3 bagian:
- Model (digunakan untuk struktur data dari web yang kita buat seperti basis data/database atau xml atau json yang merepresentasikan isi data kita, oleh karena itu dalam model terdapat banyak fungsi2 DML seperi select, insert, update, dan delete data. Pada model juga terdapat koneksi ke basis data)
- View (seperti namanya, bagian ini merupakan tampilan desain website jadi banyak berupa code html dan sdikit sekali code untuk php)
- Controller (bagian ini merupakan penghubung antara Model dan View. Oleh karena itu pada Controller inilah terdapat class2 dan fungsi2 yang memproses dari view ke Model struktur data yang ada di definisikan di View)

Jadi jalan proses seperti ini, VIEW - CONTROLLER - MODEL - CONTROLLER - VIEW, user melakukan permintaan menampilkan data lwat view, controller memproses dan memvalidasi permintaan ini ke model yg berisi struktur data yg dicari tersebut, kemudian kembali ke controller untuk menampilkan data yg dicari tersebut.

Hmmm, jadi bgitu konsep awalnya.. benar konsep OOP sekali bukan  Wink jadi terpisah object2nya ya toh.
Lalu apa gunanya pakai ci ini  Huh? Huh? bukannya lebih baik php manual sendiri.
Klebihan utama yang saya lihat sampai saat ini adalah karena adanya fungsi2 umum yang bisa langsung dipakai (sudah disediakan oleh ci)
kemudian penerapan controller, sehingga lebih aman... contohnya apa ya??

misalnya pada Controller kita membuat sebuah class controller, contohnya:

Code:
<?php
    
   
class Cetak extends Controller{
      function 
index(){
          echo 
"Hello Member Fortis Central";
      }
   }

?>




Code di atas adalah membuat sebuah kelas cetak yang merupakan sebuah controller (karena ada 'extends Controller'). Pada browser setelah dilakukan konfigurasi menjadi http://localhost/ci/index/cetak
Kalo kita perhatikan seharusnya http://localhost/ci/index/cetak.php (pada umumnya)
jadi yang dipanggil pada url adalah class controllernya, jadi cetak tidak harus file atau folder, tetapi merupakan class controller..

Mungkin saya tidak dapat menjelaskan terlalu teknis dan detail, karena bisa sangat panjang  Sad
Jadi saya mencoba mengenalkan konsep dasar untuk CI terlebih dahulu. Mohon maap kalau ada yg tidak jelas.


Ok2, tetep semangat ya para Member Fortis Central  Cheesy



10  Knowledge Shares / PHP / Re: [HELP] Error menampilkan review berita di halaman index on: May 27, 2009, 11:14:35 AM
mas pinterpijit sudah yakin ya di bagian perulangan for karena jumlah pembatasnya?
yup jika sudah yakin, bisa juga dengan cara seperti menghitung jumlah panjang array dari $ISIBERITA terlebih dahulu, sehingga dapat lebih dinamis dalam perulangan.
misalnya di perulangan pada baris 31-33 diganti:

Code:

for($i=0; count($TMP)-1 ; $i++){
     $TMPBAGIANBERITA[$i] = $TMP[$i];
}


untuk menghitung array di php dengan fungsi count(variabel array)

Semoga bisa sedikit membantu, ok semangat2  Cheesy

11  General Talks / Free and Undefined Topics / Re: Eat Meat Deliciously !!! Wekekekeke!!! on: May 27, 2009, 09:26:53 AM
hmmm, ini adalah kedagingan, hehe... maksudnya penggemar daging.. Shocked
capek bacanya pak.. Grin
12  General Talks / Free and Undefined Topics / Re: Fortis Central Crew masuk Koran bro... on: May 27, 2009, 09:24:35 AM
ouw ada foto2 jaman enom-enoman ya, huaaahhaa...  Grin Grin
kayak kita suda tua aja, nyahaaha..
sangar ini foto  Wink
13  Knowledge Shares / Uncategorized Knowledge / Re: 7 usability guidelines for websites on mobile devices on: May 27, 2009, 07:12:01 AM
 Grin Grin oh jelas tidak ada maksud menyindir, hanya bahasanya yang terlihat seperti bahasa dewa, bapak..hehe
iya kalo bisa diterjemahin dulu saja biar lebih mudah yang baca, btw uda sep koq  Wink
14  Knowledge Shares / PHP / Re: Newbie minta bantuannya :P on: May 26, 2009, 10:42:41 PM
halo pinterpijit, hehe.. nama accountnya unik juga... kita juga masih newbie koq masih sama2 belajar   Cheesy

1. penggunaan fungsi explode digunakan untuk menampung data berupa array dari string yang ingin dipisahkan, sedangkan fungsi imlplode sebaliknya untuk menggabungkan ke array ke dalam 1 string.  Shocked

syntax: explode( string $delimiter, string yang akan diambil)
delimiter -> merupakan tanda pemisah dari string yang akan diambil dan disimpan dalam array(contohnya spasi " ").
misalnya:

<?php
   $ISIBERITA="BeritaA BeritaB BeritaC";
   print_r(explode(" ",$ISIBERITA));
?>

maka outputnya:
Array (
  • => BeritaA [1] => BeritaB [2] => BeritaC )


2. kalo melihat dari debug yang dihasilkan mkgin pakai CMS yang namanya EasyPHP, hmm. coba pada baris ke-32 itu diketikkan berikut :

echo $TMP[0];

apa hasilnya ya? perintah tersebut digunakan untuk menampilkan hasil array pertama dari variabel $ISIBERITA.
jika menghasilkan pesan error, maka kmkginan $ISIBERITA yang bermasalah, bisa jadi dalam variabel tersebut terdapat gambar atau skala gambar yang tidak tepat.


15  Introduction / New Member Entrance / Re: AceLholic on: May 25, 2009, 01:09:29 PM
lho fotoe marcel wes ganti, dolo kan bukan yang ini,
wokeh met ultah juga buat abang marcel, nyahahaha.. Grin Grin
administrator itu sapa ya? wokeh sukses slalu bro, hehe...
16  Introduction / New Member Entrance / Never late to learn.. on: May 25, 2009, 10:35:38 AM
Nama   :   Cahyadi Lugito
Jenis Kelamin:   Laki-laki
Status:   IT staff
Language Platform:   (Desktop)VB 6, VB.Net, Turbo Pascal, Java SDK, Action script, Delphi (urutannya ini maksudnya, hehe)
                                (Web) PHP, ASP.Net, javascript, extJS
Database           :   MySQL, PostgreSQL, SQLServer 2000, SQL Server 2005, Oracle 10G

Tidak tertarik dengan komputer pada masa-masa sekolah, lebih suka ke arah ilmu sains sejak kecil. Namun Tuhan berkehendak lain dan masuk ke jurusan SI, hehehe...
Tidak punya komputer yang mumpuni hingga semester 4 akhir, masih sering pinjam komputer sana-sini dan mulai libur semester 5 baru punya yang lumayan dan langung menerima proyek software. Mulai mengejar ketertinggalan dalam penguasaan logika dan bahasa pemrograman sejak semesetr 5, huehehehe... tidak ada kata terlambat ya toh.  Grin Grin Grin

Suka desain interior juga kayak 3Dmax dan video editing kayak adobe premiere, seru lho kalo didalemi  Smiley
Sekarang lebih tertarik ke network dan program2 yang bersifat open source dan gratis, nyahahahaha...  Wink

17  Introduction / New Member Entrance / Re: Master Yoh inside!! on: May 25, 2009, 10:10:19 AM
ampon master yo..
tambah subur ae dikau, nyahahaha  Grin Grin Grin
18  Introduction / New Member Entrance / Re: Perkenankan saya mengenalkan diri on: May 25, 2009, 10:08:10 AM
hehehehe... dasar kur, hemat ato pelit dikau, nyahahaha  Grin Grin
19  Knowledge Shares / Mambo/Joomla / Re: Konsep Dasar Joomla! on: April 29, 2009, 10:11:21 AM
weh...benar2 detail, sep dah   Grin Grin Grin
20  Knowledge Shares / Mambo/Joomla / Re: Recovery Password Admin on: April 29, 2009, 10:03:38 AM
oh gtu, aku baru tau ada cara seperti itu jadi sql untuk update query tabel user ya, hmm...kalo ganti manual pake phpmyadmin bisa tidak?
tinggal update record dan cari tipe encryptnya password user apa gtu??
kalo nama tabelnya defaul seperti itu, maka smua orang yg pake CMS joomla dan dihosting bisa bahaya repot juga ya, apalagi kalo script tersebut dimasukkan ke 'textfield' password atau parameter URL dan diutak-atik sdikit jadi SQL Injection   Shocked Shocked

gpp wes, btw sip koq never stop to learn..
21  General Talks / Free and Undefined Topics / Re: Kepribadian Seseorang Berdasarkan Bulan Lahirnya on: April 29, 2009, 08:43:38 AM
wah bapak ini ada ramalan juga, saingannya mama Lauren, julukannya papa Edwin..
atau mungkin bisa didaftarkan anggota forum ini lahirnya tanggal dan bulan apa aja ya, biar bisa melihat contoh orangnya langsung tepat atau tidak   Smiley

ok, btw tokcer abis..  Cheesy Cheesy
22  General Talks / Free and Undefined Topics / Re: 101 Alasan Menghentikan Pola Makan Daging on: April 29, 2009, 08:34:52 AM
i love cap cay (10 sayuran) tapi cap cay juga ada daginge kadang diberi bakwan,
wehehehe  Grin Grin
23  Knowledge Shares / Mambo/Joomla / Re: Mambo / Joomla adalah... on: April 28, 2009, 09:50:06 AM
iya wen di Joomla masih ada bug-nya trutama di sisi security, yg lumayan stabil itu yg Joomla yg versi 1.5.6
kadang bug itu disengaja oleh developer, agar developer Joomla bisa memanfaatkan celah untuk masuk ke dalam web yg dibuat loh..

ok deh, never stop to learn..

- cah -


24  Knowledge Shares / Mambo/Joomla / Re: Mambo / Joomla adalah... on: April 27, 2009, 10:27:07 AM
Kalo Joomla memang masih gratis, tapi kalo Anda baca baik-baik pada license atau keterangan dengan baik (yg g pernah dibaca) kita disarankan untuk membayar donasi (tapi wajib memberi donasi)
CMS joomla pada awalnya ditujukan bukan untuk kepentingan commercial seperti online shop, dsb tapi lebih untuk education atau pembelajaran seperti elearning dan blog.

Buat Marcel yg jago berprediksi (ndak2 ampon guyon2 koq cel  Grin Grin) masih gpp koq pakai CMS Joomla tapi kalo bisa jangan sampai ketergantungan begono karena masih banyak bug-nya, baik yg disengaja maupun g disengaja xP
Open source is the best koq, aku dukung open source, hehe  Cheesy
Kerjain apa yg bisa dikerjain dulu gtu sementara, g perlu ngoyoh...

Sekedar info bahwa Oracle sudah membeli SUN Microsystem seharga $7,4 milliar lho, linknya berikut :
http://news.cnet.com/8301-1001_3-10223044-92.html

Jadi gimana nasib dengan beberapa software seperti Netbeans, Mysql, dsb yg merupakan software free dari SUN, apakah masih free ya kedepannya, huehhehe... Huh? Huh?
haayo tebak hayoo..  Grin Grin Grin


- cah -
25  Knowledge Shares / Uncategorized Knowledge / Re: 7 usability guidelines for websites on mobile devices on: April 27, 2009, 09:14:16 AM
weh tambah sangar bapak bos ini, sep dah artikelnya dalam bahasa inggris pula  Cheesy
ok2
Pages: [1] 2
Powered by SMF 1.1.8 | SMF © 2006-2008, Simple Machines LLC
Theme updated by Runic Warrior.  Originally Designed by m3talc0re.
Page created in 0.086 seconds with 21 queries.